Beranda SAROLANGUN NEWS Antisipasi Kemiskinan Ekstrim Jangka Panjang, Dinsos Berikan Modal Usaha

Antisipasi Kemiskinan Ekstrim Jangka Panjang, Dinsos Berikan Modal Usaha

0
Antisipasi Kemiskinan Ekstrim Jangka Panjang, Dinsos Berikan Modal Usaha

Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Sosial (Dinsos) kian gencar menyikapi persoalan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2023.

Salah satunya melakukan terobosan dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kemiskinan ekstrim yang berasal dari dana insentif fiskal.

Kepala Dinas Sosial Helmi saat diwawancarai mengatakan, bahwa dirinya akan berencana membuat program bantuan modal usaha yang menggaet instansi terkait untuk berkolaborasi didalamnya.

Di jelaskannya, angka kemiskinan ekstrim yang terdapat di Sarolangun tahun 2023 masih dominan tinggi, yakni mencapai 4.904 jiwa.

“Di tahun 2024 depan kita harus mencari solusi penanganan kemiskinan ekstrim jangka panjang melalui bantuan usaha, bisa berkerjasama dengan instansi terkait seperti permodalan usaha UMKM di koperindag, dan instansi lainnya,” kata Helmi, Minggu (19/11).

Hingga saat ini, Pemkab Sarolangun telah menganggarkan APBD senilai Rp500 juta dalam bentuk bantuan sembako demi menekan turunnya kemiskinan.

“Kami berharap di tahun 2024 mendatang, mengatasi persoalan kemiskinan ekstrim di Sarolangun bisa mendapatkan kucuran dana dari pusat, melihat yang sekarang, seperti nya tahun depan bakal ada lagi bantuan pusat untuk atasi kemiskinan ekstrim,” tandasnya. (met)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here