Advertorial

Program P2D di Desa Dusun Dalam Mulai Menuai Hasil



Sabtu, 05 Desember 2020 | 21:54:26 WIB Penulis: Doni Martius

Program Percepatan Pembangunan Desa (P2D) di Desa Dusun Dalam, Kecamatan Bathin VIII mulai menuai hasil. Terlihat pada Kamis (3/12) Pemerintah Desa Dusun Dalam melakukan panen perdana tanaman jagung dan sayur-sayuran di Desa tersebut.

Kades Desa Dusun Dalam, Nahrudin, melalui Sekdes Mukhlis, mengatakan panen jagung ini merupakan yang perdana dalam program peningkatan ketahanan pangan melalui dana P2D di masa pandemi Covid-19 yang digalakkan pemerintah daerah.

"Alhamdulillah hasil dari panen perdana jagung dari program peningkatan ketahanan pangan di Desa Dusun Dalam sekitaran 400 kilogram jagung," kata Mukhlis, Sabtu (5/12).

"Selain jagung kita juga panen sayur-sayuran, jagung kita beli langsung dari petani dengan harga 1000 rupiah perbuah (jatung)," tambahnya lagi.

Dikatakan Mukhlis, tahun ini, dari besaran dana P2D sebagian dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pembukaan lahan pertanian.

"Program P2D untuk ketahanan pangan ini sangat membantu ekonomi masyarakat akibat Covid-19," jelasnya.

Dengan program tersebut, lanjut Mukhis pada panen selanjutnya pihaknya menargetkan mampu memproduksi berkisaran sebanyak 12 ton jagung pada akhir Desember nanti.

"Hasil panen itu akan dijual sendiri oleh petani, biasanya menjelang tahun baru banyak warga dari luar yang datang membeli jagung langsung ke petani," ungkapnya.

Sementara ditempat terpisah, Siah, salah satu petani di Desa tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sarolangun atas realisasi peningkatan ketahanan pangan melalui program Dana P2D.

“Kami atas nama para petani disini mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sarolangun khususnya, kepada bapak Bupati Cek Endra yang telah merespon harapan dari masyarakat selama ini," ucapnya.

"Program P2D ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, ini sangat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat yang terdampak oleh covid-19. Khususnya para petani," tutupnya.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb