Sarolangun News

PMI Sarolangun Laporkan Permintaan Darah di Sarolangun Meningkat



Kamis, 08 Desember 2022 | 21:16:53 WIB Penulis: Pks

SAROLANGUN- Permintaan kebutuhan darah di Kabupaten Sarolangun mengalami peningkatan. Terhitung per Desember Tahun 2022 ini permintaan masyarakat mencapai 1.423 kantong darah, sedangkan tahun sebelumnya 2021 permintaan masyarakat hanya mencapai 1.021 kantong darah.

"Ada peningkatan 20 persen dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin per Desember itu sekitar 1.021, jadi ado peningkatan sekitar 200an jadi meningkat sekitar 20 persen sesuai hitungan per Desember tahun ini," ungkap Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sarolangun, Denia Kurnia Rahman kepada media ini, Rabu (0712/22).

Menurut Deni, jumlah permintaan darah ini berdasarkan hitungan di dua Rumah Sakit yang ada di Sarolangun, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chatib Quzwain dan Rumah Sakit Langit Golden Medika (RS LGM).

Sementara, kata dia, dari jumlah permintaan yang ada PMI sendiri telah menyumbang 30 persen setiap tahunnya. "Per 30 November kemarin kami laporkan ke provinsi 1.222 permintaan darah. PMI sendiri melalui jaringan pendonor yang ada baru mengcover sekitar 30 persen," ujarnya.

"Jadi kalau 1.222 itu jika 30 persen darinya sekitar 400 kantong darah," tambahnya.

Dilanjutkannya, saat ini PMI Sarolangun sendiri tengah berupaya memenuhi setiap kantong permintaan darah yang dibutuhkan masyarakat. Pun demikian, untuk mencukupi setiap kantong darah, PMI mengaku gencar turun sosialisasi donor darah ke tingkat kacamatan hingga ke tingkat desa. "Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak desa di setiap kecamatan yang ada untuk cek langsung golongan darah. Harapannya orang yang dicek nanti mau jadi relawan pendonor darah," tandasnya.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb