Kesehatan

Dinkes Gelar Workshop Pengelola Program P2P Puskesmas



Selasa, 15 September 2020 | 23:59:01 WIB Penulis: Doni Martius

Bertempat di aula Hotel King, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sarolangun, menggelar Workshop pengelola Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Selasa (15/9).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 48 peserta dari 16 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinkes Sarolangun, Bambang Hermanto SKM.,MM. Kabid P2P Harta Saputra SKM.,MM, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun, Bambang Hermanto mengatakan, program pemberantasaan penyakit merupakan program yang termasuk dalam indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus tercapai sasarannya setiap tahun.

"Ada tujun indikator yang terdapat beberapa jenis penyakit, Baik itu ditingkat pusksemas ataupun didinas,"katanya

Pertama, kata Bambang, adalah pelayanan kesehatan usia produktif, kedua pelayanan kesehatan usia lanjut, ketiga pelayanan kesehatan penderita hypertensi, keempat pelayanan kesehatan penderita diabetes, kelima pelayanan kesehatan ODGJ berat, keenam pelayanan kesehatan orang terduga tuberculosis, ketujuh pelayanan kesehatan orang dengan resiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia (HIV).

"Jadi semua indikator ini yang harus tercapai, Yang harus kita lakukan disetiap tahun,"ujarnya.

Menurutnya program ini wajib dicapai, meskipun dalam situasi pandemi covid-19, Sebab program ini merupakan standar minimal yang harus dipenuhi.

"Program ini wajib kita penuhi,"jelasnya.

Untuk itu dengan adanya kegiatan ini Bambang berharap dengan para pengelola program P2P di pukesmas dapat membantu untuk pencapat target yang telah ditentukan pemerintah, baik itu Provinsi, Nasional, dan juga target Kabupaten.

"karena kita tenaga medis merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan," ungkapnya.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim acara Workshop pengelola Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bidang P2P resmi saya buka,"tutupnya.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb