Advertorial

Dinkes Gelar Pelatihan UBM



Selasa, 30 Juli 2019 | 00:30:37 WIB Penulis: Doni Martius

 Dalam rangka upaya pencegahan dan mengurangi angka perokok bagi remaja (pelajar), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sarolangun mengadakan Pelatihan Pengelola Program Upaya Berhenti Merokok (UBM), di Resto Hotel King, Senin (29/7).

Kegiatan pelatihan berhenti merokok (UBM) disampaikan oleh tiga orang Narasumber yaitu Salpiantini, S.Km, dari Dinkes Propinsi, Kabid P2P dari Dinkes Sarolangun, Hj. Diana, S. Km dan Kholid.

Kabib P2P, Hj. Diana,S.Km, selaku ketua pelaksana, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan UBM ini dilaksanakan bertujuan agar masyarakat terlindungi kesehatannya dari dampak buruk akibat asap rokok.

Ia berharap melalui kegiatan ini para peserta memahami dampak bahaya rokok, bisa memberikan penjelasan tentang pengaruh asap rokok terhadap lingkungan, dan yang paling penting dapat konsultasi berhenti merokok bagi perokok aktif khusus nya para pelajar.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta mempunyai skill dan dapat menjadi edukator konseling berhenti merokok," kata Diana.

Diana menambahkan, peserta pelatihan diikuti oleh 35 peserta terdiri dari petugas kesehatan perwakilan dari Puskesmas masing-masing Kecamatan, serta beberapa guru UKS dari 9 sekolah di kecamatan Sarolangun.

"Para peserta dari Dokter, Perawat, Petugas Kesehatan serta para Guru UKS," tambahnya.

Sementara itu narasumber, Salpiantini S.Km, mengatakan tenaga kesehatan, guru, tokoh masyarakat, mempunyai peranan penting dalam upaya berhenti merokok, baik di fasilitas kesehatan, sekolah, tempat tempat umum maupun di masyarakat yang selanjutnya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat konsumsi rokok.

"Mudah-mudahan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang kita laksanakan ini, dapat berdampak terhadap menurunnya angka kematian akibat merokok," tandasnya.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
BERITA TERKINI
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb