Advertorial

Bupati Sarolangun Serahkan SK PAKHD Kepada Kades



Rabu, 27 Juli 2016 | 23:01:41 WIB Penulis: Yansah Asari

Bupati Sarolangun Cek Endra, Kemarin Selasa (26/7) menyerahkan SK Penetapan Areal Kerja Hutan Desa (PAKHD) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada tujuh desa di Kecamatan Batang Asai, Sarolangun.

Desa-Desa yang menerima SK PAKHD tersebut diantaranya, Desa Bukit Berantai, Simpang Narso, Sungai Keradak,Tambak Ratu, Batin Pengambang dan Desa Muaro Air Duo.

Bupati Cek Endra dalam Pidatonya dihadapan para kades dan masyarakat setempat mengaharapkan dengan adanya hutan desa ini maka kelestarian hutan di hulu Sarolangun ini bisa terjamin. Sebab, Batang Asai merupapakan wilayah tata air bagian bawah Sarolangun.

"Dengan adanya hutan Desa ini kiranya dapat mengalihkan kegiatan masyarakat dari yang awalnya masyarakat berkegiatan PETI, menjadi pengelola hutan desa yang dapat memanfaatkan hasil hutan tanpa merusak hutan," kata Cek Endra.

Kepala KPHP Limau Unit VII Hulu Sarolangun Misriadi, SP,. M.Sc mengatakan bahwa salah satu skemanya adalalah Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM). Dasar hukumnya Peraturan Menteri Kehutanan No.P.89/Menhut-II/2014. 

"Harapannya, hutan desa yang dapat mengamankan hak-hak masyarakat. Memberi keuntungan bagi masyarakat disekitar hutan," kata Misriadi.

Setelah adanya SK PAK Hutan Desa dari Kementrian LHK, masih kata Misriadi, selanjutnya, bersama masyarakat akan mendorong ketujuh hutan desa tersebut untuk mendapatkan SK HPHD dari Gubernur Jambi.

Berikut Luas hutan yang diserahkan untuk masyarkat seseuai SK dari kementrian LHK:

Desa Bukit Berantai, luas ± 3.885,18 Ha (Hutan Lindung)

Desa Simpang Narso, luas ±3614,19 Ha (Hutan Lindung)

Desa Sungai Keradak, luas Hutan Lindung ± 2356,11 Ha dan Hutan Produksi Terbatas ± 3470,10 Ha.

Desa Tambak Ratu, luas ± 1641,06 Ha (Hutan Desa)

Desa Batin Pengambang, luas ± 3797,30 Ha (Hutan Desa)

Desa Batu Empang, luas Hutan Lindung ± 253,04 Ha dan Hutan Produksi Terbatas ± 5337,38 Ha

Desa Muaro Air Duo, luas ± 2184,90 Ha (Hutan Desa)

 

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
BERITA TERKINI
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb