Sarolangun News

APK PAUD Sarolangun Meningkat Drastis



Selasa, 12 Desember 2017 | 20:05:41 WIB Penulis: Yansah Asari

Jumlah lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sarolangun mengalami peningkatan pesat. Seiring itu pula Angka Partispasi Kasar (APK) PAUD Kabupaten Sarolangun juga meningkat drastis.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sarolangun, pada tahun 2009 lalu jumlah lembaga PAUD yang waktu itu hanya melayani kelompok Bermain (KB) dam taman Kanak-Kanak (TK) berjumlah 177 lembaga. Sedangkan pada tahun 2017, jumlah PAUD sudah meningkat menjadi 514 lembaga yang melayani Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sarolangun, Lukman menyebut, peningkatan jumlah lembaga PAUD yang luar biasa tersebut turut mempengaruhi meningkatnya APK PAUD Kabupaten Sarolangun.

"Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD Kemendikbud, APK Kabupaten Sarolangun mengalami peningkatan drastis. Pada tahun 2015 lalu APK PAUD sebesar 65,15 persen, menjadi 82,41 persen. Jumlah tersebut di atas rata-rata APK Provinsi Jambi 73,35 persen dan APK Nasional 70,10 persen," terang Lukman dalam laporannya pada acara Pengukuhan Bunda PAUD dan Gebyar PAUD, Senin (11/12) kemarin.

Dilanjutkan Lukman, untuk pencapaian program nasional "Satu Desa Satu PAUD" Kabupaten Sarolangun yang memiliki 149 Desa dan 9 Keluruhan telah mencapai target tersebut. "Semua keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun khususnya Bupati Sarolangun," ujar Lukman.

Sementara Bupati Sarolangun Cek Endra menilai meningkatnya jumlah lembaga PAUD dan APK menunjukkan bahwa pemerintah daerah telah berada dijalur yang tepat, menempatkan PAUD yang merupakan pendidikan usia emas atau golden age menjadi salah satu prioritas pembangunan.

"Dan yang terpenting kedepan bagai mana meningkatkan kualitas. Saya minta di PAUD anak-anak ditanamkan pendidikan karakter, akhlak," pinta Cek Endra.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb