Sarolangun News

26.370 Penduduk Sarolangun Dalam Kemiskinan



Selasa, 08 Agustus 2017 | 20:15:11 WIB Penulis: Yansah Asari

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sarolangun tahun 2016 mengalami penurun menjadi 9,33 persen. Pada tahun 2015 lalu jumlah penduduk miskin sempat berada diangka 10,29 persen.

Kepala BPS Kabupaten Sarolangun, Muji Lestari mengatakan jumlah penduduk miskin tahun 2016 berjumlah 26.370 jiwa (9,33 persen) dari proyeksi total jumlah penduduk 284.201 jiwa.

"Hasil Susenas (Survey Nasional) tahun 2016 penduduk miskin Sarolangun turun dari dua digit menjadi satu digit. Lumayan lah, ada progres," kata Muji Lestari, Selasa (8/8).

Pun begitu, Muji sapaan akrabnya, meminta pemerintah daerah tidak cepat berpuas diri. Karena menurutnya, merupakan tugas berat pemerintah untuk menekan angka penduduk miskin menjadi lebih rendah lagi.

Penduduk miskin Sarolangun kebanyakan berada di wilayah pinggir seperti di Kecamatan Batang Asai dan Kecamatan Limun. Hal itu disebabkan masih belum lancarnya akses transportasi.

"Kita rekomendasikan agar pemerintah mempercepat pembangun infrastruktur dan pelayanan. Selain itu perlu di dorong sektor usaha mikro," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menekan angka kemiskinan, program jangka pendek Pemda, harus juga diarahkan kepada golongan masyarakat yang berada sedikit di atas garis kemiskinan atau hampir miskin.

"Penduduk miskin yang di bawah garis kemiskinan di harus diangkat. Nah yang hampir miskin perlu perhatikan agar tidak miskin," tandasnya.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
BERITA TERKINI
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb